Timnas U-19 Dilarang Cat Rambut, Pakai Anting hingga Ponsel

Tim nasional U-19 saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Lapangan Atang Sutrisna, Cijantung, hingga 10 April 2017.
Demi membuat para pemain menjadi pesepakbola profesional beberapa aturan pun diterapkan.

Namun, aturan tersebut telah disepakati terlebih dahulu antara jajaran pelatih dan para pemain. Staf kepelatihan tidak membuat peraturan secara sepihak agar tidak membuat para pemain merasa tertekan.
“Peraturan tetap kami sepakati dengan para pemain. Tidak pernah kami buat aturan sendiri, kemudalian kami hormati,” kata Indra Sjafri, usai latihan di Lapangan Atang Sutrisna, Rabu (22/3/2017).
Salah satu aturan yang cukup unik yaitu setiap pemain dan pelatih dilarang membawa telpon genggam saat jam makan. Selain itu, alat komunikasi tersebut juga akan dikumpulkan saat malam jam tidur.
Hal itu dilakukan agar terbentuknya sikap profesional dari diri para pemain. Indra tidak ingin nantinya para pemain bertindak seenaknya di kemudian hari.
“Jam makan tidak boleh membawa hape. Hape juga dikumpulkan jam 9 malam, itu berlaku kepada para pemain dan pelatih. Kami itu bukan menyiapkan tukang tendangan bola, tapi menyiapkan atlet profesional untuk menunjukkan jati diri bangsa,” tambahnya.
“Jati diri di sini tidak ada itu yang menggunakan anting-antingan, rambut diwarnai-waranain, atau yang menjauhkan dari jati diri bangsa ini,” jelasnya.
Nantinya, skuad Garuda Muda juga akan diberikan pendidikan bela negara. Itu agar terbentuknya jiwa nasionalisme dari diri para pemain.
“Nantinya juga akan ada sesi bela negara. Kami akan menyiapkan generasi terbaik dari sepak bola,” jelasnya.
Sebelum timnas U-19 menggelar pemusatan latihan, Indra telah melakukan seleksi dari tingkat Asprov, regional, dan nasional beberapa waktu lalu. Dari beberapa seleksi tersebut didapat 75 pemain, yang kemudian dikerucutkan menjadi 35 pemain.
Garuda Muda sendiri dipersiapkan untuk turun di ajang Piala AFF U-18 di Myanmar, September mendatang. Seperti diketahui, Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Selandia Baru, dan tuan rumah Myanmar.

milan2012.org sbobet mobile Sumber: Suara.com