Timnas Spanyol Tanpa Iker Casillas? Aneh, Tapi Ini Era Baru La Roja!

Sang kiper veteran tidak dipanggil oleh pelatih baru Julen Lopetegui. Bagi kapten La Roja, Sergio Ramos, bermain tanpa sosok San Iker cukup aneh, karena selama ini ia sudah menjadi ikon Spanyol. Namun, Ramos juga menyebut, sudah tiba bagi Spanyol untuk memulai era baru meninggalkan sang penjaga gawang legendaris.
Tanda-tanda masa Iker Casillas di timnas Spanyol sudah habis, bisa dilihat di Euro 2016. Ketika itu, pelatih lama Vicente Del Bosque memilih David De Gea alih-alih mantan kiper Real Madrid tersebut. Dengan usia 35 tahun, Casillas memang sudah selayaknya diistirahatkan. Lalu, Julen Lopetegui mengambil jarak lebih jauh lagi. Jika Del Bosque tetap membawa Casillas meski tidak memainkannya, maka Lopetegui bahkan tidak mencantumkan nama Casillas dalam daftar pemain Spanyol.
Sebagai ganti, Lopetegui mengundang kembali Pepe Reina, kiper Napoli. Selain itu, ada pula Adrian (West Ham United) yang performanya di level klub diganjar dengan pemanggilan ke timnas senior. Perubahan drastis yang diambil Lopetegui ini mengundang pro dan kontra. Pasalnya, bagaimana pun Casillas adalah kapten yang mengantarkan Spanyol juara Euro 2008, Piala Dunia 2010, lalu Euro 2012.

Sergio Ramos, yang kini menjabat sebagai kapten Spanyol, tidak bisa menutupi keheranannya dengan skuat Spanyol tanpa Iker Casillas. Namun, bek tengah Real Madrid tersebut juga menyebut, ini memang era baru La Roja, yang dalam dua turnamen internasional terakhir, tampil di bawah performa.
Semua orang terkejut ketika (Iker Casillas sang) pemain bersejarah untuk Spanyol dan dunia sepakbola, absen. Tapi ini era baru, era baru dengan perubahan radikal.
Tentu saja aneh tidak melihat Iker (di timnas Spanyol), tetapi semua opini harus dihormati dan ini adalah keputusan sang pemain dan pelatih baru. Saya tidak tahu apa yang terjadi, tetapi kontak pertama dengan pelatih (Julen Lopetegui) sangat bagus. Kami harus bersabar.
Meskipun ada beberapa perubahan, timnas Spanyol era Julen Lopetegui sejatinya tidak berubah banyak. Para pemain andalan di Euro 2016 tetap dipertahankan. Seperti Sergio Ramos sendiri, juga Alvaro Morata, David Silva, hingga Sergio Busquets.

milan2012.org sbobet mobile Sumber: Sidomi