Hasil Copa America Grup D: Chile vs Bolivia 2-1, Menang Kontroversial!

Skor Chile vs Bolivia ini memang terbantu dengan keputusan aneh dari wasit yang memberikan penalti bagi Chile di injury time babak kedua ketika satu pemain Bolivia dituduh melakukan handball di kotak penalti.
Peringatan dini bagi Chile hadir di menit enam ketika usaha Bejarano merebut bola dari Isla diteruskan dengan umpan ke Duk. Sayangnya, sang striker sudah berada dalam posisi offside meski dari tayangan ulang terlihat bahwa yang terjadi adalah sebaliknya. Ya, Chile bisa dikatakan mendapatkan keberuntungan pertamanya di pertandingan ini.

Namun demikian, tak diragukan lagi sebenarnya bahwa dominasi pertandingan menjadi milik Chile. Menit 17, Vidal nyaris saja memanfaatkan kesalahan Lampe dalam membuang bola sebelum blunder dari Zenteno membuat Hernandez punya ruang tembak yang bagus namun arah bola tendangannya masih melebar dari gawang Lampe. Peluang terbaik Chile rasanya hadir di menit 39 ketika sepakan Sanchez dihalau oleh Zenteno di garis gawang ketika Lampe sudah tidak berada dalam posisinya.
Beberapa detik setelah babak kedua dimulai, Chile bisa mencuri keunggulan melalui Arturo Vidal. Kesalahan yang dilakukan seorang pemain Bolivia yang kehilangan bola berakibat fatal karena bola yang dikuasai Pinilla dikembalikan pada seorang Vidal yang mudah saja melesakkan bola dari dalam kotak penalti.

Tertinggal satu gol, Bolivia langsung memasukkan dua pemain yang lebih bertipikal menyerang dalam diri Ramallo dan Jhasmani Campos. Baru tiga menit berada di lapangan, Campos memberikan efek positifnya melalui sebuah tendangan bebas yang luar biasa. Mengambil sepakan dari sisi kanan, Campos menggunakan kaki kirinya untuk melepaskan bola ke tiang jauh dan Bravo sama sekali tidak punya peluang untuk menghalau bola.
Setelahnya, pertandingan berjalan dengan menarik meski masih dikuasai Chile. Keunggulan nyaris didapat lagi oleh anak asuh Juan Antonio Pizzi ketika ada tendangan bebas Sanchez yang dengan brilian ditepis oleh Lampe. Bola rebound yang disambar Puch sayangnya terlalu lemah dan bisa diamankan dengan mudah oleh sang kiper.

Tekanan dari Chile terus berhamburan ke pertahanan Bolivia dimana ada Sanchez yang tendangannya masih melebar dan begitu juga usaha Vargas yang masih tepat di pelukan Lampe. Menit 90, sebuah ayunan kaki dari Vargas tepat mengenai kepala Eguino dan membuat bek Bolivia itu langsung terkapar dan pertandingan pun lama terhenti. Dalam situasi seperti itu, wasit memberikan tambahan waktu delapan menit yang dirasa lama oleh kubu Bolivia namun protes mereka tak berbuah manis.
Chile pun tak kalah cerdiknya dengan memanfaatkan waktu yang ada untuk mencetak gol. Sebuah penalti diberikan wasit pada Chile ketika menganggap Gutierrez melakukan handball. Dari tayangan ulang terlihat bahwa apa yang dituduhkan wasit pada Gutierrez sangat jauh berbeda dan dua pemain Bolivia harus mendapatkan kartu kuning karena protes berlebihan. Lamanya protes pemain Bolivia membuat Arturo Vidal baru bisa mencetak gol dari titik penalti tepat di menit 100!

Data Pertandingan:
Chile 2-1 Bolivia (Vidal 46, 100-pen / Campos 61)
Chile
Bolivia
No.
Starting Eleven
YC
RC
No.
Starting Eleven
YC
RC
1.
Claudio Bravo

1.
Carlos Lampe

4.
Mauricio Isla (76)

2.
Mario Saavedra

17.
Gary Medel

22.
Edward Zenteno

18.
Gonzalo Jara

21.
Ronald Eguino
4

15.
Jean Beausejour

3.
Luis Gutierrez
99

10.
Pablo Hernandez
79

17.
Marvin Bejarano

20.
Charles Aranguiz

14.
Raul Castro (58)

8.
Arturo Vidal

13.
Alejandro Melean

19.
Fabian Orellana (68)

8.
Martin Smedberg-Dalence

7.
Alexis Sanchez

7.
Juan Carlos Arce (54)

9.
Mauricio Pinilla (58)

9.
Yasmani Duk (82)

Substitutes
Substitutes
12.
Cristopher Toselli

12.
Romel Quinonez

23.
Johnny Herrera

23.
Guillermo Viscarra

3.
Enzo Roco

4.
Diego Bejarano

5.
Francisco Silva

5.
Nelson Cabrera

6.
Jose Pedro Fuenzalida (76)

6.
Walter Veizaga (82)
99

11.
Eduardo Vargas (58)

10.
Jhasmani Campos (58)
77

13.
Erick Pulgar

11.
Gilbert Alvarez

14.
Mark Gonzalez

15.
Pedro Azogue

16.
Nicolas Castillo

16.
Cristhian Machado

21.
Marcelo Diaz

18.
Rodrigo Ramallo (54)

22.
Edson Puch (68)

19.
Carmelo Algaranaz

Coach
Coach
Juan Antonio Pizzi
Julio Cesar Baldivieso
Referee
Venue
Jair Marrufo
Gillette Stadium

milan2012.org prediksi togel singapore Sumber: Sidomi