Hasil Copa America Centenario: Ekuador vs Haiti 4-0, Ambil Tiket 8 Besar

Bermain pada Senin, 13 Juni 2016, gol Enner Valencia, Jaime Ayovi, Christian Noboa, dan Antonio Valencia dalam skor Ecuador vs Haiti memastikan La Tricolor lolos ke perempat final, apa pun yang terjadi dalam laga Brazil vs Peru. Sebaliknya Haiti menutup kompetisi dengan tiga kekalahan alias nol poin.
Setelah bermain imbang dengan Brazil dan Peru, Ekuador cuma punya satu opsi di MetLife Stadium, East Rutherford, New Jersey: menang. Itupun dengan banyak gol. Tekanan justru membuat pasukan Gustavo Quinteros sangat impresif. Mereka cuma butuh waktu 20 menit pertama untuk menjejalkan dua gol ke gawang Johny Placide.

Setelah tiga kali peluang terbang, Ekuador yang menjalani start luar biasa, membukukan gol pertama di mneit 11. Umpan terobosan Christian Noboa yang jitu, diambil oleh sang penyerang utama Enner Valencia. Ketenangan Valencia memastikan skor 1-0, dan itu tidak bertahan lama. Pemain yang sama, mengirim tembakan di menit 17 yang diblok Placide.
Haiti yang baru saja menderita dihancurkan Brazil 7-1, menjadi bulan-bulanan. Menit 20, giliran Jaime Ayovi yang menjebol gawang mereka. Kali ini Enner Valencia yang sebenarnya sudah punya peluang mutlak, lebih suka tidak serakah, mengirim bola untuk diselesaikan rekan duetnya.

Gol kedua ini membuat Ekuador menurunkan gas. Tapi, Haiti ternyata sangat berbahaya jika diberi kesempatan. Mereka memberikan respons melalui tandukan Mechack Jerome yang mencium mistar di menit 26. Sementara Kervin Belfort cuma bisa menguji kiper Ekuador, Alexander Domingues di menit 50. Selang enam menit, tendangan bebas Jerome juga sangat mengancam.
Ekuador memanfaatkan nafsu menyerang Haiti yang sangat tinggi. Menit 57, gawang lawan bergetar lagi. Kali ini, umpan silang cerdas Jefferson Montero diterima dengan tembakan setengah voli Christian Noboa. Skor 3-0, tidak ada yang bisa menahan La Tricolor lagi.

Menit 77, pesta Ekuador berlanjut. Serangan kilat mereka lagi-lagi membuat barisan belakang Haiti kelabakan. Kali ini terjadi kombinasi sesama Valencia yang tinggal berhadapan dengan kiper seorang diri. Enner yang menggiring bola memancing Placide, mengumpan pada Antonio, yang punya segala kesempatan untuk membidik gawang kosong. 4-0.
Game over untuk Haiti, yang di Copa America 2016 tak mendapatkan satu poin pun. Sementara Ekuador lolos tanpa perlu bantuan siapa pun.
Gol: Enner Valencia 11, Jaime Ayov 20, Christian Noboa 57, Antonio Valencia 77
EKUADOR (4-4-2): Dominguez; W. Ayovi, Erazo, Mina, Paredes; A. Valencia, Noboa, Gruezo (Gaibor 79), Montero; E. Valencia (Fidel Martinez 84), J. Ayovi (Juan Cazares 46)
HAITI (4-5-1): Placide; Jaggy, Genevois, Jerome, Lambese; Nazon, Marcelin (Alexandre 79), Norde, Lafrance (Hilaire 71), Maurice; Belfort (Louis 70)

milan2012.org sbobet mobile Sumber: Sidomi