Diusahakan Secara Cluster

pt solid gold berjangka Program reforma agraria saat ini terus disempurnakan oleh pemerintah. Salah satu sub dari program ini adalah redistribusi aset hingga perhutanan sosial.

Pemerintah nantinya akan memberikan hak guna lahan kepada masyarakat yang membutuhkan. Masyarakat kecil hingga lembaga seperti pesantren pada daerah sekitar lokasi lahan pun nantinya bisa memanfaatkan lahan milik negara ini.

Bisa pesantren, bisa masyarakat biasa, sama saja tetap. Jadi bisa orang di sekitar lahan itu, tapi ada juga memang yang pesantren,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2017).

Hanya saja, masyarakat nantinya tidak menerima lahan dengan status kepemilikan. Pemerintah hanya memberikan hak guna lahan dengan periode tertentu. pt solid gold berjangka

“Akses itu mereka boleh mengelolanya selama periode tertentu. Bukan (kepemilikan),” imbuhnya.

Lahan ini nantinya akan dibagi secara cluster. Artinya, kelompok masyarakat yang menerima lahan akan menggarap dengan luasan tertentu.

“Memang kita sudah ada list-nya. Ada enam daerah di Jawa yang sudah jadi prioritas. Tapi itu semua bukan distribusi tanah, tapi rakyat punya akses, tetap diusahakan secara cluster. Satu cluster misalnya, ada yang berapa ratus hektare, ada yang ribuan hektare. Cluster-nya tentu bisa lebih satu,” ujarnya.

Program ini akan segara diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Namun, belum diketahui waktu dan lokasi peresmian pada program ‘bagi-bagi lahan’ ini.

“Tinggal kita tunggu, Presiden mau memilih yang mana duluan. Ada di Jabar (Jawa Barat) ada dua lokasi, Jateng (Jawa Tengah) dua, dan Jatim (Jawa Timur) dua. Nah, tinggal nanti Presiden memilih baru kita launching,” tukas Darmin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *