Copa America 2016 Pakai Empat Pergantian Pemain, Bukan Tiga

Meskipun demikian, empat pergantian tersebut hanya akan terjadi jika turnamen sudah memasuki babak sistem gugur, dan laga belum selesai selama 90 menit. Tercatat, Copa America 2016 menjadi turnamen internasional pertama yang menerapkan aturan ini.
Sebelumnya, International Football Association Board (IFAB) meliris Laws of the Game untuk musim 2016/2017 pekan ini. Beberapa regulasi diperkenalkan, termasuk empat pergantian pemain tersebut. Namun, penerapan pergantian keempat ini hanya bisa terjadi jika laga memasuki babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.
LOC Copa America 2016, mengumumkan pemakaian aturan IFAB ini hanya beberapa jam sebelum pertandingan Amerika Serikat vs Kolombia yang menjadi laga pembukaan turnamen perayaan 100 tahun gelaran Copa America tersebut, sembari menjelaskan bahwa #CA2016 (Copa America 2016) adalah turnamen pertama di dunia yang mengimplementasikan regulasi IFAB tadi.
Aturan baru yang tidak kalah segar adalah, regulasi tentang akumulasi kartu kuning. Penjelasannya, kartu kuning yang dibawa sejak babak penyisihan tetap dihitung di pertandingan sistem gugur. Meskipun demikian, kala babak sistem gugur dimulai, maka akumulasi kartu kuning akan diputihkan.
Disebutkan, Jika seorang pemain menerima dua kartu kuning dalam dua pertandingan di penyisihan grup dan perempat final, maka pemain tersebut akan terkena larangan bermain pada laga berikutnya (semifinal). Meskipun demikian, setelah perempat final selesai, maka akumulasi kartu kuning diputihkan untuk semifinal dan final.
Copa America sendiri sudah dimulai pada Sabtu, 4 Juni dengan laga AS vs Kolombia. Pada Minggu, 5 Juni mendatang akan ada tiga pertandingan lain, yaitu Kosta Rika vs Paraguay, Haiti vs Peru, dan yang utama Brazil vs Ekuador.

milan2012.org sbobet mobile Sumber: Sidomi